Perhatikan Hal Ini, Sebelum Ganti Aki Mobil

Aki Mobil



Perhatikan Hal Ini, Sebelum Ganti Aki Mobil - Tentu Anda tau bahwasannya Aki mobil, yang  memiliki peran penting, dalam sistem kelistrikan mobil banyak jenisnya dipasar.

Dan pastinya, Anda juga tau dong jika Aki mobil, memiliki berbagai jenis dan masing-masing jenis tentunya memiliki kelebihan juga kekurangan, betul?


Secara umum nih ya, Aki Mobil tuh setidaknya di pasaran terbagi jadi dua. Yakni Aki Basah dan Aki Kering. Untuk Aki Kering, bahasa teknisnya Maintenance Free (MF).


Nah, sebenarnya boleh tidak ya mengganti jenis aki di mobil?

Apa aja sih hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengganti jenis Aki Mobil?


Tenang aja ya Bro/Sis, semuanya tentu akan dijawab oleh Didi Ahadi, selaku Technical Service Toyota-Astra Motor (TAM).


"Sebenarnya ya, mengganti jenis aki ya sah-sah aja sih. Akan tetapi ada beberapa yang tentunya harus diperhatikan. yaitu ya voltase dan ampere, dari aki tersebutnya itu," ucap Didi.

Untuk voltase pada mobil, ya harus 12 volt. Berbeda dengan truk, yang bisa mencapai hingga 24 volt. WOW!


Nah sedangkan untuk ampere, yakni kapasitas tenaga listrik, yang bisa diterima oleh aki, juga harus sama ya Bro/Sis.

Sebagai contoh nih Bro/Sis, jika sebelumnya mobil menggunakan aki basah, terus Bro/Sis mau menggantinya dengan aki MF, perhatikan voltase dan kapasitas ampere-nya.\


Untuk keterangan voltase dan ampere aki, tentu pada umumnya di tulis di badan aki. Hal Ini untuk mengidentifikasi spek aki tersebut. Selain itu, perhatikan fisik aki itu sendiri ya Bro/Sis!


Di mobil-mobil sekarang nih ya Bro/Sis, yang punya ruang penyimpanan aki, yang sudah disesuaikan oleh aki bawaan pabrik, tentunya akan sulit mengganti aki dengan ukuran yang lebih besar.


"Umumnya atau biasanya nih ya, mau aki basah atau pun kering, tapi kalo speknya sama. Ya kebanyakan produsen aki juga memiliki ukuran yang sama. Misalkan tipe 80D26L, atau yang biasanya dikenal seperti NS60L," tambah Didi.


Dan mengganti ukuran kapasitas ampere yang lebih besar. Atau yang lebih kecil dari spesifikasi bawaan pabrik, tentunya sangatlah tidak disarankan.


"Untuk safety ya, terkait kelistrikan, sangatlah tidak disarankan. Wajibnya mengikuti spek yang sudah disarankan. Oleh pabrikan," tutup Didi.


= = = = =

PT SELATAN MAJU SEJAHTERA
Pergudangan Marunda Center
Jl. Marunda Makmur Blok E2 No.1, Cluster Rotterdam, Tarumajaya, Kab.Bekasi, Jawa Barat Indonesia, 17211.
Call/SMS/WA : (021)88997274 / +6281310164662
E-mail : marketing.selatanmajusejahtera@gmail.com
Web : zeusbatteryonline.com