Beda Fungsi, Perbedaan Botol Merah dan Biru untuk Aki

Beda Fungsi, Perbedaan Botol Merah dan Biru untuk Aki - Berbicara tentang aki pastinya tahu dong komponen kendaraan yang satu ini. Secara umum, aki dikenal luas menjadi dua jenis, yakni aki basah dan aki kering. 

Untuk aki basah, perlu diketahui perawatanya cukup mudah asalkan dilakukan secara berkala yakni dengan penambahan air aki.

Umumnya air aki yang dijual di pasaran terdapat dalam dua kemasan, yakni botol berwarna merah dan botol bewarna biru. Masing-masing botol memiliki komposisi dan fungsi yang berbeda. 

Banyak pemilik kendaraan yang belum paham tentang hal ini, karena pemakaian air aki ini tidak boleh salah. Sebab kalau salah, bukannya aki menjadi tahan lama, yang ada malah merusak sel yang ada didalam aki tersebut.


 
aki basah
aki basah



Botol Merah


Air aki yang dikemas dengan label dan tutup botol berwarna merah biasa disebut air zuur. Air zuur adalah air yang dipakai untuk isi aki pertama kali yang mengandung elektrolit berupa asam sulfat (H2SO4). 

Asam sulfat merupakan elektrolit kuat yang dapat menyimpan dan menghantarkan arus listrik. Namun perlu hati-hati, dikarenakan air zuur merupakan air keras. Hindari kontak langsung dengan kulit, karena dapat menyebabkan gatal-gatal. 


Botol Biru


Sedangkan pada Air aki yang dikemas dengan label dan tutup botol berwarna biru merupakan air biasa yang sudah mengalami demineralisasi. Air ini tidak mengandung unsur logam sama sekali. 

Penggunaan botol bewarna biru apabila box aki sudah mulai berkurang atau mendekati garis batas bagian bawah, dengan kata lain sebagai air penambah. 

Jadi selama pemakaian aki, kemudian air dalam box aki sudah mulai mendekati lower level, cukup menambahkan air yang ada pada botol berwarna biru. 

Tidak ada komentar untuk "Beda Fungsi, Perbedaan Botol Merah dan Biru untuk Aki"