Aki Meledak? Cegah!

Aki Meledak? Cegah!
Image : salvobrothersauto.com

Aki Meledak? Cegah! - Wah seperti yang Bro/Sis tau nih kalo aki yang sehat, krusial untuk sistem kelistrikan mobil Bro/Sis. Aki yang ga terawat tuh ya Bro/Sis, ga cuma mengganggu kerja mobil, namun juga berisiko meledak lho Bro/Sis!

Baca Juga : Sudah Tau Jenis-Jenis Aki?

Jadi, resiko meledak tuh selalu di ingatkan lewat label yang terpasang ya Bro/Sis. Ya walaupun memang banyak pengguna yang lalai memperhatikannya. Bro/Sis kah salah satunya?

Baca Juga: Mau Touring? Cek Bagian Ini!

Aki dapat meledak tiba-tiba, tanpa ada peringatan sebelumnya. Dan, apabila Bro/Sis berdiri dekat dan tidak dapat menghindar, asam aki bisa lho mencederai Bro/Sis.

Begitu juga dengan kompartemen mesin, pipa-pipa dan sistem kabel yang langsung “termakan” asam kuat tersebut Bro/Sis. Seram ya Bro/Sis!

Baca Juga : Sudah Tau Jenis-Jenis Aki?

Bagaimana Aki Meledak?


Seperti yang Bro/Sis ketahui ya, aki tuh menghasilkan listrik dari reaksi kimia yang salah satu produk sampingannya yakni hidrogen Bro/Sis.

Hidrogen merupakan gas yang sangat mudah terbakar Bro/Sis. Ya karena panas dari reaksi kimia dalam aki, juga panas kompartemen mesin, hidrogen ini tersembur keluar Bro/Sis.

Baca Juga : Apa? Bisnis Aki Bekas Bikin Sukses?

Jadi Bro/Sis, bahaya timbul jika ketika itu ada percikan api di sekitar aki.

Nah, apabila gas hidrogen terpercik api, Duaaarrr!!!, meledak.

Sumber percikan bisa aja berasal dari aki itu sendiri Bro/Sis. Akan tetapi bisa juga dari keteledoran pengguna. Pernah terjadi karena otak-atik sembari merokok. Yup, and then aki meledak Bro/Sis.

Baca Juga : Bersihkan Korosi Aki Hanya Dengan 2 Langkah!

Selanjutnya ya Bro/Sis, pemicu lain percikan api yakni sentuhan antar plat. Nah, dengan bertambahnya usia pakai aki, larutan asam semakin berkurang dan plat ga lagi terendam Bro/Sis.

Hal seperti ini dapat menyebabkan plat melengkung.

Ketika kunci start diputar, permintaan tenaga listrik dalam jumlah besar untuk menggerakkan motor starter dapat menyebabkan plat bengkok itu menjadi lentur.

Yang mungkin aja bersentuhan dengan plat lain, hingga menimbulkan percikan api.

Penyebab paling sering ledakan aki sih ketika start adalah kutub-kutub aki dan kabel yang kotor.

Baca Juga : Bagaimana Cara Supaya Aki Lebih Awet

Jadi, kotoran tersebut menghambat jalannya arus listrik dan dapat menimbulkan loncatan bunga api. Nah, jadi kebiasaan untuk mengecek dan membersihkan aki secara teratur tentunya sangat menguntungkan Bro/Sis.

Selain itu ya Bro/Sis, kebiasan men-jumper yang kurang tepat juga berbahaya.

Kebanyakan pengendara salah paham dengan memasang kabel jumper ke aki yang bagus. Kemudian menyambungkan ke aki yang lemah.

Nah Bro/Sis, hal ini dapat menyebabkan timbulnya percikan api. Biasakan untuk memasang kabel jumper pada aki yang lemah terlebih dulu ya, sebelum disambungkan ke aki yang bagus. Gitu Bro/Sis.

Baca Juga : Aki Mobil Mudah Soak? Ini Nih Penyebabnya

Prosedur Mencegah Aki Meledak :

  • Bro/Sis siapkan terlebih dulu kabel jumper ya. Dan posisikan kedua mobil berdekatan tapi ga saling menyentuh yaa. Lalu, matikan semua lampu, radio, AC dan komponen elektronik lainnya. Juga, bersihkan kutub-kutub kedua mobil yang kotor ya!
  • Lalu, Bro/Sis buka tutup aki & ganti dengan kain untuk mengurangi bahaya ledakan yang mungkin timbul ya Bro/Sis.
  • Nah, setelah itu, mesin mobil dengan aki sehat dihidupkan dan biarkan pada putaran idle untuk beberapa saat.
  • Lalu Bro/Sis hubungkan kabel jumper positif dari aki lemah ke baterai kuat, disusul kabel jumper negatif. Tunggu berapa saat, sekitar 3 menit. Jika dirasa pengisian aki dirasa cukup, cobalah menstater mobil yang mogok.
  • Apabila berhasil, lepaskan kabel jumper dengan urutan terbalik, kabel negatif terlebih dulu, lalu positif. Singkap pula kain diatas aki dan  juga pasang penutup sebenarnya. Selesai. 


Mau Beli Aki Mobil / Motor?

☎ Kontak :
WA : 0813 1016 4662
PH : 021 8899 7274
zeusbattryonline.com