Mau Touring? Cek Bagian Ini!

Mau Touring? Cek Bagian Ini! – Sebelum Bro/Sis touring nih ya, Bro/Sis perlu cek kondisi motor Bro/Sis. Yup, supaya perjalanan bisa lancar tanpa kendala. Jangan asal berangkat aja dong Bro/Sis.


Mau Touring Cek Bagian Ini!


1. Oli


Bagian pertama yang perlu Bro/Sis cek adalah oli. Untuk motor Bro/Sis yang belum ada fitur interval penggunaan oli, Bro/Sis bisa cek melalui dipstik.

Oli Bro/Sis selambat-lambatnya wajib di ganti setelah pemakaian motor 4.000 km. 

Nah, apabila oli Bro/Sis belum di ganti atau terlambat diganti, komponen motor lainnya tentu dapat terkena dampak buruknya. 

Yup, karena oli lama sudah tercampur kotoran yang tentunya dapat menggores komponen motor.

Baca Juga : Perhatikan Hal Ini, Sebelum Ganti Aki Mobil

2. Busi


Kedua, kondisi busi Bro/Sis juga penting untuk di cek. Busi termasuk bagian terpenting dari pengapian yang pastinya tidak mungkin untuk di sepelekan.

Sebaiknya busi Bro/Sis di bersihkan apabila terlihat ada sisa karbon di ujung elektroda dari sisa pembakaran. 

Membersihkannya dapat memakai sikat kawat atau ampelas. Setelah itu, apabila sudah dipakai dalam interval 10.000-15.000 km, maka busi Bro/Sis wajib diganti yang baru.

3. Kondisi Aki


Selanjutnya, cek kondisi aki, walaupun saat ini banyak motor yang memakai aki kering atau MF (Maintenance Free). Tetap saja kondisinya perlu dicek.

Baca Juga : Bersihkan Korosi Aki Hanya Dengan 2 Langkah!

Cara yang paling mudah untuk cek kondisi aki Bro/Sis masih sehat atau tidak, posisikan saja kunci kontak ON, setelah itu nyalakan lampu sein.

Apabila indikator lampu sein pada panel instrumen lemah, tandanya aki sudah lemah.

Namun, supaya lebih pasti dengan kondisi aki Bro/Sis, dapat menggunakan voltmeter. Voltase standar tegangan aki adalah 12,4, apabila di bawah itu maka dapat dipastikan aki tidak sehat.

Baca Juga : Bikin Nangis! Harga Mobil Bekas Banjir Anjlok Parah!

4. Cek Fungsi Indikator


Setelah cek aki Bro/Sis, sudah pasti cek fungsi indikator Bro/Sis pada panel instrumen. Motor-motor keluaran baru pada umumnya sudah mengadopsi panel instrumen digital. Dengan begitu kondisi motor Bro/Sis pun lebih mudah terpantau.

5. Cek Bahan Bakar


Nah, yang terakhir dan termasuk terpenting adalah cek bahan bakar Bro/Sis. Jelas kan, apabila bahan bakar tidak ada bagaimana mau touring?

Selain dari itu, dengan maraknya teknologi injeksi juga akan membuat motor tersendat-sendat. Karena tipisnya bahan bakar. 

Hal tersebut tentunya dikarenakan sistem ECU akan menurunkan tekanan fuel pump apabila bensin mulai tipis.

Baca Juga : Bagaimana Cara Supaya Aki Lebih Awet