Bersihkan Korosi Aki Hanya Dengan 2 Langkah!

Bersihkan Korosi Aki Hanya Dengan 2 Langkah! - Pernah melihat kotoran berupa serbuk berwarna putih hingga kehijauan pada kutub aki? Jika pernah, Selamat anda bukan satu-satunya yang mengalami! 

Perlu diketahui bahwa kondisi kutub aki kendaraan yang berserbuk tersebut terindikasi mengalami gejala korosi.


korosi aki
Korosi Aki


Apa itu gejala korosi?


Seperti yang telah disinggung, gejala korosi dapat menimbulkan kotoran berupa serbuk putih yang disebabkan dari efek dari cairan elektrolit aki yang mengalami penguapan. 


Biasanya gejala korosi ini sering terjadi pada aki basah lho. Jadi bagi pengguna aki basah perlu melakukan pengecekan aki secara berkala, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada aki MF.

Bagaimana kalau kotoran putih pada kutub aki ini dibiarkan? 


Tentunya apabila ini dibiarkan, efeknya akan menghambat arus listrik di kendaraan anda, sehingga sistem kelistrikan bisa bermasalah pada performa komponen aki yang menjadi kurang baik. 


Tidak menutup kemungkinan akan memperbesar risiko aki menjadi tekor.

Sebelum hal itu terjadi dan menganggu sistem kelistrikan kendaraan, seperti yang telah disinggung, perlunya melakukan pengecekan dan membersihkan kutub aki setiap 6 bulan sekali. 


Membersihkanya cukup mudah, terdapat 2 cara yang akan membantu anda untuk mengatasi korosi pada kutub aki kendaraan yang dipaparkan sebagai berikut :

Pertama, lepaskan kedua kabel dari kedua kutub aki dengan alat atau kunci pas. Apabila sudah terlepas, siram bagian serbuk putih dengan air panas, hingga rontok. 


Selain menyiram dengan air panas, alternatifnya bisa dengan menaburinya dengan baking soda ataupun air soda tepat di bagian serbuk putih. 

Langkah selanjutnya, anda cukup melap bagian yang telah disiram hingga kering, kemudian berikan grease pada kutub aki tersebut

Kedua, semprotkan cairan penetran di kedua kutub aki secukupnya dan lakukan secara berkala. Selain digunakan untuk melancarkan mur dan baut, cairan penetran ternyata memiliki kandungan zat tertentu yang cukup ampuh melindungi komponen besi dari karat seperti korosi pada kutub aki.   

Tidak ada komentar untuk "Bersihkan Korosi Aki Hanya Dengan 2 Langkah!"