4 Tips Ampuh Merawat Aki Genset

4 Tips Ampuh Merawat Aki Genset - Kejadian pemadaman listrik kerap kali tidak dapat diprediksi. Untuk itu keberadaan genset sangat diperlukan untuk mem-backup listrik sebagai solusi untuk masalah ini. 

Tempat umum seperti pusat perbelanjaan, hotel, rumah sakit bahkan kantor perusaahan memerlukan genset agar kegiatan operasional mereka tidak terganggu. 

Karena fungsi genset sebagai alat emergency yang tidak setiap hari di gunakan, perawatan genset sering kali diabaikan. Sehingga ketika akan digunakan timbul berbagai masalah, seperti tidak dapat dihidupkan.

Genset
Genset


Penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya di aki genset. Mengutip dari laman Inti Daya Engineering, jika genset sulit dihidupakan bisa jadi penyebabnya akinya tekor. 

Kondisi aki tekor di karenakan isi aki tidak cukup kuat untuk menggerakan mesin ketika pertama kali dinyalakan. 

Akibatnya, putaran mesin kurang tinggi, dan kompresi bahan bakar pun tidak sempurna sehingga mesin tidak mau menyala. 

Pada mesin yang menggunakan busi, kurangnya daya membuat busi tidak bekerja optimal sehingga tidak terjadi pembakaran. 

Oleh karena itu, perawatan aki genset secara berkala menjadi hal yang penting bagi pemilik genset.
Lantas bagaimana merawat aki genset yang baik dan benar?
Perawatan aki genset secara berkala perlu dilakukan. Oleh karena itu, langkah-langkah menjadi kongkrit dilakukan agar aki genset menjadi awet serta tahan lama dijabarkan sebagai berikut : 
  • Pastikan mengecek permukaan air elektrolit aki pada level yang cukup. Jika air elektrolit mendekati lower, maka tambahkan air elektrolit hingga indikatornya cukup.
  • Jaga kebersihan terminal aki. Apabila ditemukan adanya kerak, maka segera bersihkan menggunakan air panas. Jika menemukan baut penghubung antara terminal dan skun kabel kendor, segera dikencangkan. Baut yang kendor, adalah salah satu pemicu timbulnya kerak.
  • Pastikan secara rutin memanasi genset minimal seminggu sekali. Hal tersebut dilakukan agar aki terisi oleh alternator. Atau gunakan automatic charger untuk selalu menjaga aki selalu terisi oleh listrik saat genset tidak digunakan.
  • Terakhir jika memang aki sudah saatnya diganti, segera ganti dengan yang baru. Karena, disetiap penggunaan dapat menyebabkan usia aki menurun. Normalnya usia pemakaian aki bisa mencapai 1 tahun. Jika dirawat dengan baik, maka bisa mencapai hingga 2 sampai dengan 3 tahun.

Tidak ada komentar untuk "4 Tips Ampuh Merawat Aki Genset"