Kenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi yang Marak di Pasaran

Kenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi yang Marak di Pasaran - Aki merupakan bagian terpenting kelistrikan kendaraan. 

Untuk itu, aki yang berkualitas tentu harganya pun tidak murah. Sayangnya, banyak oknum-oknum yang memanfaatkan kondisi ini dengan menjual aki rekondisi. 

Biasanya aki rekondisi dijual dengan harga yang sangat murah. Bagi yang budget-nya pas-pasan, memang tidak ada salahnya membeli aki bekas, dengan catatan bukan rekondisi. Hal ini tentu tidak dianjurkan.

Aki bekas selama kondisinya masih bagus tidak masalah, asalkan belum rusak. Masalahnya adalah aki bekas yang telah rusak dan direkondisi. 

Umumnya aki rekondisi masa pakainya berumur tidak lama. Selain itu, aki rekondisi akan kelihatan sudah pernah dibongkar, kemudian disolder lagi. 

Tentu saja hal ini berbeda dengan yang dari pabrikan. Sebagai pembeli anda perlu waspada sebelum membeli aki, apalagi membeli aki bekas yang bisa jadi sudah rekondisi. 

Untuk mengenali apakah aki tersebut rekondisi atau bukan, begini caranya sebagai berikut :


Goresan di kutub aki


Pertama hal yang perlu diperhatikan adalah kutub pada aki. Umumnya aki rekondisi terdapat goresan karena pernah digunakan. 

Selain itu, badan aki juga akan terlihat gembung karena terjadi proses kimiawi di dalamnya. Karena aki rekondisi ini sering di utak-atik, tutup dan badan aki sering terlihat tidak rapat lagi.


Garansi


Sudah barang tentu aki rekondisi tidak ada garansi pada produknya. Hal ini tentu berbeda dengan aki asli atau baru yang memiliki garansi rata-rata selama satu tahun. 

Jadi jika kurang dari itu, bisa dipastikan itu aki rekondisi.


Warna Sudah Pudar


Pada dasarnya, aki baru pastinya belum pernah keluar dari kotak penyimpanannya, sedangkan aki rekondisi sudah pernah dipakai sebelumnya. Secara otomatis, warna aki rekondisi akan lebih kusam ketimbang aki baru.


Tidak di Jual di Toko Resmi


Yang paling penting adalah aki rekondisi tidak mungkin dijual di toko resmi. Umumnya aki rekondisi banyak ditemukan di kios atau bengkel pinggir jalan yang kredibilitasnya dipertanyakan. 

Tentu saja toko resmi apalagi yang sudah punya nama tidak akan mempertaruhkan kredibilitasnya. Dengan demikian, membeli aki di toko resmi merupakan opsi yang lebih aman dan juga terpercaya.

Tidak ada komentar untuk "Kenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi yang Marak di Pasaran"