Tolong! Perhatikanlah Komponen Ini Jika Memodifikasi Audio atau Aki akan Cepat Soak

dampak aki jika menambah atau modifikasi audio



Tolong! Perhatikanlah Komponen Ini Jika Memodifikasi Audio atau Aki akan Cepat Soak - Anda pasti tau dong, jika memodifikasi sistem audio, dengan menambahkan subwoofer, penguat suara atau power amplifier, dan juga monitor, tentunya harus diimbangi dengan suplai listrik ke aki, betul?

Apakah Anda kerap mengabaikan alternator ketika mengubah sistem audio? Anda pastinya tau jika komponen ini sangat penting untuk diperhatikan, betul? Karena jika tidak, aki Anda akan tekor dan tentunya tidak menutup kemungkinan alternator pun akan jebol. 

Nah, hal tersebut sebenarnya diakibatkan kerja yang sangat ekstra berat. Alternator rusak Aris Harvenda (Panggilan : Atek), pemilik gerai Galeri Alternator di Jalan Haji Nawi Jakarta Selatan pernah menyampaikan, bahwasannya usia pakai alternator bisa mencapai hingga 5 tahun.

Ketika melewati masa tersebut, kecenderungan kinerja alternator, mulai berkurang. Dan tentunya berakibat pasokan listrik minim. Atau bahkan tidak sama sekali.

Baca Juga : Bagaimana Cara Supaya Aki Lebih Awet 

Salah satu faktor yang mempercepat masa pakai yakni, penggunaan barang elektronik dengan beban listrik yang besar. Contohnya modifikasi audio dan pemasangan monitor.
 
Baca Juga : Cara Membaca Kode Aki Mobil yang Benar


Kapasitas


Kapasitas pengisian bawaan pabrik, hanya menyisakan antara 5 - 10 A sebagai cadangan saja. 
Namun, ketika ada penambahan komponen melebihi batas, maka alternator harus diganti dengan kapasitas yang sesuai. 

Atau dimodifikasi dengan mengganti gulungan. Atau bisa memasang penguat. Jika tidak, maka kerja makin berat. Dan menyebabkan cepat soak. Waduh! 

Baca Juga : 3 Kebiasaan yang Bisa Merusak Aki Motor Matic

Tanda-tanda mulai soak lampu indikator bergambar aki. Atau tulisan 'CHG' menyala. "Selain itu, terdengar suara dari alternator. Akibat bearing yang sudah mulai aus. Jika tidak segera diganti, rotor dan stator akan bersentuhan. 

Timbul panas. Dan akhirnya bisa gosong," ungkap Atek. Jika sudah gosong otomatis tidak bisa digunakan lagi. Alias rusak total. Hanya rumah alternator saja yang bisa digunakan kembali. 

Rusak


Supaya Anda bisa menikmati modifikasi sistem audio lebih lama. Tanpa gangguan alternator rusak atau aki tekor. Ada baiknya jika Anda diikuti dengan peningkatan kapasitas yang sesuai. Hal tersebut juga mencegah banyaknya komponen yang diganti, ketika sudah melewati masa kerjanya atau muncul suara aneh. 

Baca Juga : 4 Tips Ampuh Merawat Aki Genset

Segeralah Anda lakukan reproduksi jika memang terlanjur rusak. Dan sesuaikan dengan kebutuhan. Jika sudah mengalami gejala-gejala alternator soak, berarti aki Anda sudah masuk masa reproduksi. 

Maksudnya yakni, beberapa komponen utama, pada bagian dalamnya harus diganti baru. Antara lain pengatur voltase dan penyearah arus (rectifire). 

Baca Juga : Kenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi yang Marak di Pasaran

Akan tetapi, gulungan rotor dan stator masih bisa dipakai. Setelah diganti alternator Anda dapat menggunakan paling tidak, 3 tahun. Dengan pemakaian normal. "Pastikan bengkel reproduksi memberikan jaminan paling tidak setahun," tutup Atek.

Baca Juga : Beda Fungsi, Perbedaan Botol Merah dan Biru untuk Aki

Anda mau tau tentang tipe aki sesuai kendaraan Anda? Anda dapat mengunjungi situs zeusbatteryonline.com. Tidak hanya tipe, tentunya akan mengetahui tantang deskripsi lengkapnya.


Tidak ada komentar untuk "Tolong! Perhatikanlah Komponen Ini Jika Memodifikasi Audio atau Aki akan Cepat Soak"