Kesalahan yang Sering Banget Dilakukan Pengendara Motor Matic. Bro/Sis kah Salah Satunya?


Kesalahan yang Sering Banget Dilakukan Pengendara Motor Matic. Bro/Sis kah Salah Satunya?
Image : blognyamitra.wordpress.com

Kesalahan yang Sering Banget Dilakukan Pengendara Motor Matic. Bro/Sis kah Salah Satunya? - Seperti yang Bro/Sis tau nih kalo motor matic sangatlah merajai jalanan untuk 1 dekade terakhir.

Walaupun orang ga lagi asing sama motor matic, akan tetapi masih banyak lho orang-orang yanag melakukan kesalahan yang sering banget dilakukan pemilik motor matic.

Baca Juga : Ingin Umur Aki Panjang? Panaskan Mesin!

Motor matic pastinya ga diragukan lagi dominasinya. Motor yang dulunya menjadikan perempuan sebagai target pasarnya, eh sekarang malah jadi motor yang ga terbatas gender-nya.

Perkembangan motor matic bisa dilihat lho dari Mio biasa bermotif kembang sampai matic sporty macam ADV 150. Kesimpulannya, matic pada masa kini merupakan motor semua kalangan deh Bro/Sis.

Nah Bro/Sis, selama 1 dekade belakangan, penjualan motor matic emang naik drastis sih Bro/Sis. Unit yang terjual per tahun bisa jutaan lho Bro/Sis. Pastinya melebihi kategori motor yang lain.

Baca Juga : Aki Meledak? Cegah!

Walaupun udah beredar lama banget, bukan berarti sih ya, kalo orang-orang paham banget perawatan motor matic.

Banyak lho Bro/Sis kalo motor matic masuk bengkel karena dari kesalahan yang dilakukan pemilik motor matic itu sendiri.

Ada beberapa kesalahan yang sering banget dilakukan oleh pemilik motor matic dan pastinya bisa berujung fatal.

Nah, untuk Bro/Sis yang  menggunakan motor matic, sebaiknya artikel "Kesalahan yang Sering Banget Dilakukan Pengendara Motor Matic. Bro/Sis kah Salah Satunya?'' ini wajib dibaca banget dengan secara saksama dari pada motor Bro/Sis tiba-tiba mogok di jalan.

Baca Juga : Aki Mobil Mudah Soak? Ini Nih Penyebabnya

Kesalahan Pertama : Mematikan Mesin dengan Standar Samping Motor Bro/Sis

Pastinya memang mesin bakalan mati kalo standar samping diturunkan. Tapi bukan berarti itu jadi cara mematikan mesin ya Bro/Sis! Efeknya memang ga terasa instan. Akan tetapi perlahan, caranya dengan merusak aki atau membuat aki drop lebih cepat Bro/Sis. Gitu..

Walaupun mesin mati, bukan berarti kelistrikan langsung mati ya Bro/Sis.

Aki yang terus-terusan mengisi daya ke lampu dan komponen lain padahal mesin mati, membuat dayanya terbuang sia-sia lho Bro/Sis.

Ohiya Bro/Sis, pada kasus NMax terbaru nih ya, indikator error langsung muncul begitu mematikan motor dengan standar samping. Ya karena motor dimatikan dengan cara ga wajar. Sistem motor membacanya sebagai kerusakan.

Cara yang paling benar untuk mematikan motor adalah dengan memutar tuas kunci ke arah “OFF” dulu, setelah itu baru deh turunin standar motor Bro/Sis.

Baca Juga : Sudah Tau Jenis-Jenis Aki?

Kesalahan Kedua : Ga Ngerti Seluk-Beluk Keyless System

Ga semua motor mengadopsi keyless system. Akan tetapi hal ini sangatlah penting. Karena kalo bakalan terjadi, ribet dan mahal setengah moddhyar.

Motor yang menggunakan keyless system emang lebih praktis sih Bro/Sis. Akan tetapi yang praktis biasanya punya jeroan yang lebih kompleks lho Bro/Sis.

Jadi, keyless system memaksa aki mengeluarkan daya lebih banyak. Nah, sehingga aki yang digunakan merupakan aki yang berdaya lebih besar dan lebih mahal.

Nah, misalkan Bro/Sis tuh orangnya teledor banget, aki bisa drop bahkan cuma karena kesalahan kecil seperti lupa mematikan motor Bro/Sis.

Keyless system memang memberikan rasa aman pada motor Bro/Sis. Ya karena sejauh ini sistemnya belum ada sih yang bisa membobol.

Baca Juga : Apa? Bisnis Aki Bekas Bikin Sukses?

Nah, kalo mau bobol kelistrikan PCX ya silahkan aja Bro/Sis. Good Luck! Akan tetapi kalo Bro/Sis teledor, justru Bro/Sis bakalan kena batunya hehe.

Contoh sederhanaya gini, apabila kunci Bro/Sis hilang dan juga kehilangan barcode yang diberikan kepada Bro/Sis, Bro/Sis wajib membuat kuncinya dan harganya benar-benar mahal Bro/Sis.

Nah, apabila sudah mematikan motor tapi lupa ga matiin kunci, sinyal yang terus-terusan dikirim juga berisiko membuat aki drop Bro/Sis.

Ga cuma aki aja Bro/Sis. Akan tetapi baterai remot juga bisa habis Bro/Sis.

Motor keyless tuh, secanggih apa pun ya pastinya juga tetap butuh remot. Ga ada remot ya berarti motor ga bisa dipake.

Baca Juga : Bersihkan Korosi Aki Hanya Dengan 2 Langkah!

Kesalahan Ketiga : Ga Ngecek Kondisi Ban

Kondisi ban Bro/Sis yang kudu banget nih dicek, bukan cuma masalah bannya udah aus atau belum ya Bro/Sis.

Akan tetapi masalah tingkat angin dalam ban Bro/Sis. Karena ukuran yang lebih kecil, masuk akal apabila ban matic lebih gampang banget bocor. Apalagi ban belakang.

Kenapa ban belakang lebih gampang banget bocor? Ya karena tumpuan beban dan panas motor matik terletak di belakang. Jadi, ban belakang juga jadi gampang panas.

Baca Juga : Bikin Nangis! Harga Mobil Bekas Banjir Anjlok Parah!

Tingkat angin ban harus diperhatikan ya Bro/Sis. Kalo ban Bro/Sis anginnya kurang, keting menerjang polisi tidur, pastinya bakalan memaksa Bro/Sis untuk mendorong motor karena bannya bocor.

Saran yang bisa saya berikan yakni ganti ban tubeless apabila motor Bro/Sis ban bawaannya bukan tubeless.

Ban tubeless memberikan kemudahan bagi Bro/Sis apabila bocor. Ya karena Bro/Sis ga wajib banget membawanya ke tukang tambal ban. Cukup oleskan cairan anti bocor, dannnn selesai deh.

Baca Juga: Mau Touring? Cek Bagian Ini!


Bro/Sis butuh Aki untuk Motor / Mobil / Kapal / Industri? Yuk segera Hubungi :

☎ Kontak :
WA : 0813 1016 4662
PH : 021 8899 7274
zeusbattryonline.com