Cara Menghindari Ledakan Aki (Ya, Itu Benar-Benar Akan Terjadi)

Cara Menghindari Ledakan Aki (Ya, Itu Benar-Benar Akan Terjadi)
Image : lifewire.com

Cara Menghindari Ledakan Aki (Ya, Itu Benar-Benar Akan Terjadi) - Apabila Bro/Sis pernah mendengar aki meledak, Bro/Sis akan mendapatkan 'a newfound respect' untuk daya mentah yang dimasukkan ke dalam perangkat asam timbal yang berat ini 'under your hood'.

Hal ini hampir sama kerasnya dengan suara tembakan, ketika kotak plastik itu pecah terpisah. Diikuti oleh suara asam sulfat beracun yang sangat pekat yang menggelegak ke tanah Bro/Sis.

Baca Juga : Ampere yang Ideal untuk Charge Aki

Resiko ledakan dilabeli pada setiap aki, meskipun hanya sedikit pengendara motor yang mau repot untuk membaca peringatan semacam itu. Apalagi menganggapnya serius. Ini kesalahan yang ga menguntungkan, karena aki sering kali meledak tanpa peringatan.

Memang, sebuah studi oleh National Highway Traffic Safety Administration menemukan bahwa ledakan aki pada tahun 1993 saja, melukai hingga 2.280 orang.

Baca Juga : Cara Mengganti Aki Motor / Mobil yang Benar

31% dari cedera itu terjadi selama penggunaan pengisi daya aki, 26% dari penanganan kabel aki, 19% dari aki mati lompat dan 19% dari memeriksa atau menambahkan cairan aki.

Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan 7.051 cedera terkait dengan aki.

Dan bahkan jika Bro/Sis ga berdiri di dekatnya dan dengan demikian menghindari cedera, asam aki dapat sangat merusak kompartemen mesin, menggerogoti kabel dan selang serta merusak cat.

Baca Juga : Bikin Nangis! Harga Mobil Bekas Banjir Anjlok Parah!

Mengapa aki meledak dan bagaimana Bro/Sis bisa melindungi diri dari cedera ketika kap mesin Bro/Sis habis?


Ini membantu untuk mengetahui sedikit tentang aki timbal-asam 12 volt.

Mereka memiliki enam ruang dua volt, yang disebut sel, yang berisi grid pelat timah yang terendam dalam asam sulfat. 

Listrik dihasilkan ketika asam bereaksi dengan pelat timbal dan air.

Salah satu produk sampingan dari proses ini adalah gas hidrogen, suatu unsur yang sangat mudah terbakar sehingga digunakan untuk menyalakan mesin roket. 

Mengisi daya aki juga menghasilkan hidrogen. Dan karena panas meningkatkan output hidrogen, Bro/Sis dapat mengharapkan lebih banyak masalah pada umumnya dalam cuaca panas.

Baca Juga : Kesalahan yang Sering Banget Dilakukan Pengendara Motor Matic. Bro/Sis kah Salah Satunya?

Bahayanya adalah hidrogen akan meledak jika percikan terjadi di dekatnya. Salah satu sumber bunga api dapat berupa aki itu sendiri.

Seiring bertambahnya usia aki, aki kehilangan air, sehingga bagian atas pelat timah terkena udara di dalam wadah aki. Seiring waktu, ini dapat menyebabkan lekukan piring.

Ketika pengemudi menghidupkan mesin, permintaan yang besar akan tenaga dapat menyebabkan pelat yang sudah melengkung ini melentur, menyentuh, dan dengan demikian memicu.

Baca Juga : Aki Meledak? Cegah!

Penyebab paling umum dari ledakan aki pada saat start-up adalah posting dan kabel aki yang kotor. 

Kotoran mencegah koneksi yang baik dan memungkinkan busur listrik. Jadi adalah ide yang baik untuk memeriksa dan membersihkan pos aki secara teratur.

Awal lompatan yang ga tepat adalah penyebab utama ledakan lainnya. 

Kesalahan yang dibuat banyak pengendara adalah menghubungkan kabel jumper ke aki mobil lain yang bagus dan kemudian ke aki mati, sebuah praktik yang menyebabkan percikan. 

Baca Juga : Pertolongan Pertama Ketika Mobil Matic Terendam Banjir

Selalu sambungkan kabel jumper ke aki mati terlebih dahulu, kemudian ke aki yang baik.

Tindakan pencegahan keselamatan penting lainnya adalah memasang kabel jumper negatif untuk aki mati ke bagian logam yang ga dicat dari rangka mobil, dari pada ke pos aki negatif. 

Yang memungkinkan percikan terjadi jauh dari aki itu sendiri.

Baca Juga : Aki Mobil Mudah Soak? Ini Nih Penyebabnya


Potensi Ledakan Aki


Potensi ledakan aki mungkin lebih besar dari pada 10 tahun lalu. 

Beberapa aki baru disegel, mencegah pengendara dari menambahkan air untuk menjaga elektrolit (campuran asam sulfat dan air) di atas pelat timah. 

Tetapi banyak produsen telah kembali ke aki dengan atasan yang dapat dilepas.

Baca Juga : Sudah Tau Jenis-Jenis Aki?

Masalah lain adalah mobil-mobil baru memiliki tuntutan arus listrik yang jauh lebih besar, sehingga aki harus menghasilkan lebih banyak 'jus' tetapi dengan volume fisik yang sama. 

Salah satu metode yang digunakan oleh pembuat aki untuk meningkatkan arus adalah untuk menempatkan pelat timah lebih dekat satu sama lain, tetapi itu hanya membuat mereka lebih pendek.

Dalam hal apa pun, pengendara harus selalu berhati-hati ketika kap mesin menyala, menghindari rokok atau apa pun yang dapat memicu hidrogen.

Baca Juga : Ingin Umur Aki Panjang? Panaskan Mesin!


Bro/Sis Butuh Aki Motor / Mobil dengan Starter tinggi dan daya tahan lama? Hubungi :

☎ Kontak :
WA : 0813 1016 4662
PH : 021 8899 7274
zeusbattryonline.com